Minggu, 25 Februari 2018

ALGORITMA & STRUKTUR DATA DALAM BAHASA C++

PENGERTIAN STRUKTUR DATA DAN JENIS-JENIS STRUKTUR DATA


Image result for gambar struktur data


A.        PENGERTIAN STRUKTUR DATA
Struktur data memegang peran penting dalam teknik pemrograman. Pemilihan struktur data yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas sebuah program. Dalam teknik pemrograman, Struktur data adalah tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

Dalam pengertian lain, Struktur Data dapat juga disebut sebagai suatu kumpulan objek-objek data yang memiliki aturan (terorganisir) yang kemudian di golongkan berdasarkan operasi-operasi untuk memanipulasinya. Contoh objek data tersruktur adalah Array, Record, Stack, Queue, Tree,dll.

1.    Atribut-Atribut Penting Untuk Suatu Tipe Data Terstuktur Yakni :
a.    Jumlah Komponen
Berdasarkan jumlah komponen selama eksekusi program, maka dapat dikelompokkan menjadi :
·  Struktur Data Statis (Jumlah komponennya tidak berubah), seperti Array, Record, himpunan.
·  Struktur Data Dinamis (Jumlah komponennya dapat berubah), seperti List, Queue, Stack.
b.    Tipe untuk setiap komponennya
Apabila tipe data untuk seluruh komponennya harus sama, maka disebut Struktur Data Homogen, dan bila dimungkinkan komponennya mempunyai tipe data yang berbeda-beda, maka disebut Struktur Data Heterogen.
c.    Nama-nama untuk memilih komponen
Hampir semua struktur data menyediakan operasi untuk mengakses komponen secara individu. Pada suatu array (kumpulan data yang mempunyai tipe sama), hal ini dilakukan dengan sebuah indeks berupa angka.
d.   Jumlah maksimum komponen
Tidak semua jenis struktur data harus ditentukan jumlah maksimum komponen, namun untuk sebuah tipe data dinamis mungkin perlu ditentukan dengan jelas.
e.    Pengorganisasian semua komponennya
Susunan yang paling umum adalah berupa barisan linier seperti pada array berdimensi 1, record, list, stack dan file. Selanjutnya ada yang dapat dikembangkan menjadi struktur non linier seperti array multi dimensi dan juga pohon/tree.
2.    Kegunaan
1)        Memudahkan dalam memahami dan memecahkan masalah  algoritma
2)        Meningkatkan  efisiensi  memori  saat  program  komputer  sedang  bekerja
3)        Proses reservasi memori yang tidak perlu akan diminimalisasi



B. JENIS - JENIS STRUKTUR DATA
1.    Struktur Data Sederhana (Primitif)
a.    Integer
Tipe data "Int" yaitu bilangan bulat dengan jangkauan nilai antara -2147483648 sampai dengan 2147483647. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 4 byte.
b.   Short
Tipe data "Short" yaitu bilangan bulat dengan jangkauan nilai antara -32768 sampai dengan 32767. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 2 byte. Tipe ini bisa digunakan untuk memproses umur seseorang.
c.    Long
Tipe data "Long" yaitu bilangan bulat dengan jangkauan nilai antara -2147483648 sampai dengan 2147483647. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 4 byte.
d.   Long Long
Tipe data "Long Long" yaitu bilangan bulat dengan jangkauan nilai antara -9232372036854775808 sampai dengan 9232372036854775807. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 8 byte. Tipe data ini bisa digunakan untuk memproses keuangan.
e.    Float
Tipe data "Float" yaitu bilangan real dengan ketelitian rendah yaitu 6-7 digit serta memiliki jangkauan nilai antara 10-38 sampai dengan 1038  Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 4 byte. Tipe ini bisa digunakan untuk menghitung volume atau luas suatu bangun.
f.     Double
Tipe data "Double" yaitu bilangan real dengan ketelitian tinggi yaitu 15 digit serta memiliki jangkauan nilai antara 10-308 sampai dengan 10308. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 8 byte.
g.    Boolean
Tipe data "Bool" yaitu Nilai logika yang bernilai true (benar) dan false (salah). Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 1 byte.
h.   Character
Tipe data "Char" yaitu sebuah karakter. Tipe data ini membutuhkan memori sebesar 1 byte. Tipe ini bisa digunakan untuk pembuatan password.


2.    Struktur Data Majemuk (Non-Primitif)
a.    Linear
1)   Array (Larik)
Larik adalah struktur data statik yang menyimpan sekumpulan elemen yang  bertipe sama, misalnya tipe sederhana, tipe terstruktur dan lain-lain. Setiap  elemen  dapat diakses langsung melalui indeksnya. Indeks larik harus berupa  tipe data yang berurutan (misalnya integer atau karakter) dan banyaknya elemen larik harus diketahui dahulu sebelum program dieksekusi.
2)   Stack
Pengertian Stack atau Tumpukan adalah suatu stuktur data yang penting dalam pemrograman yang mempunyai sifat LIFO (Last In First Out), Benda yang terakhir masuk ke dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack. 
Stack (Tumpukan) adalah list linear yang dikenali elemen puncaknya (TOP) dan Aturan penyisipan dan penghapusan elemennya tertentu. Penyisipan selalu dilakukan “di atas“ TOP dan Penghapusan selalu dilakukan pada TOP.

OPERASI-OPERASI/FUNGSI STACK :
·      Push : digunakan untuk menambah item pada stack pada tumpukan paling atas.
·      Pop  : digunakan untuk mengambil item pada stack pada tumpukan paling atas.
·      Clear : digunakan untuk mengosongkan stack.
·      IsEmpty : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah kosong.
·      IsFull : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah stack sudah penuh.

3)   Queue
Queue pada Struktur Data atau antrian adalah sekumpulan data yang mana penambahan elemen hanya bisa dilakukan pada suatu ujung disebut dengan sisibelakang(rear), dan penghapusan(pengambilan elemen) dilakukan lewat ujung lain (disebut dengan sisi depan atau front). 
Queue atau antrian prinsip yang digunakan adalah “Masuk Pertama Keluar Pertama” atau FIFO (First In First Out). 
Queue atau antrian banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, ex: antrian Mobil diloket Tol, Antrian mahasiswa Mendaftar, dll. Contoh lain dalam bidang komputer adalah pemakaian sistem komputer berbagi waktu (time-sharing computer system) dimana ada sejumlah pemakai yang akan menggunakan sistem tersebut secara serempak.
Pada Queue atau antrian Terdapat satu buah pintu masuk di suatu ujung dan satu buah pintu keluar di ujung satunya dimana membutuhkan variabel Head dan Tail ( depan/front, belakang/rear). 

KARAKTERISTIK QUEUE (ANTRIAN) : 
·      Elemen antrian.
·      Front (elemen terdepan antrian).
·      Tail (elemen terakhir).
·      Jumlah elemen pada antrian.
·      Status antrian

OPERASI-OPERASI QUEUE : 
·      Create(), untuk menciptakan dan menginisialisasi Queue dengan cara membuat Head dan Tail = -1.
·      IsEmpty(), untuk memeriksa apakah antrian sudah penuh atau belum dengan cara memeriksa nilai Tail, jika Tail = -1 maka empty kita tidak memeriksa Head, karena Head adalah tanda untuk kepala antrian (elemen pertama dalam antrian) yang tidak akan berubah-ubah pergerakan pada antrian terjadi dengan penambahan elemen antrian ke belakang, yaitu menggunakan nilai Tail.
·      IsFull, untuk mengecek apakah antrian sudah penuh atau belum dengan cara mengecek nilai Tail, jika Tail >= MAX-1 (karena MAX-1 adalah batas elemen array pada C) berarti sudah penuh.
·      Enqueue, untuk menambahkan elemen ke dalam antrian, penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu.
·      Dequeue(), digunakan untuk menghapus elemen terdepan/pertama (head) dari antrian dengan cara menggeser semua elemen antrian ke depan dan mengurangi Tail dengan 1 penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping.
·      Clear(), untuk menghapus elemen-elemen antrian dengan cara membuat Tail dan Head = -1. Penghapusan elemen-elemen antrian sebenarnya tidak menghapus arraynya, namun hanya mengeset indeks pengaksesannya ke nilai -1 sehingga elemen-elemen antrian tidak lagi terbaca.
·      Tampil(), untuk menampilkan nilai-nilai elemen antrian menggunakan looping dari Head sampai dengan Tail.

4)   List dan Multi-List (Daftar)
List linear adalah sekumpulan elemen bertipe sama, yang mempunyai keterurutan tertentu, yang setiap elemennya terdiri dari 2 bagian. Sebuah list linear dikenali dengan :
·      Elemen pertamanya, biasanya melalui alamat elemen pertama yang disebut (first).
·      Alamat elemen berikutnya (suksesor), jika kita mengetahui alamat sebuah elemen, yang dapat diakses melalui field next.
·    Setiap elemen mempunyai alamat, yaitu tempat elemen disimpan dapat diacu. Untuk mengacu sebuah elemen, alamat harus terdefinisi. Dengan alamat tersebut informasi yang tersimpan pada elemen list dapat diakses.
·      Elemen terakhirnya.

b.   Non-Linear
1)   Binary Tree (Pohon Biner)
Sebuah pohon biner (binary tree) adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari sebuah simpul yang disebut sebagai akar dan dua buah himpunan lain yang disjoint yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub pohon kiri (left) dan sub pohon kanan (right) dari pohon biner tersebut. Pohon biner merupakan tipe yang sangat penting dari struktur data dan banyak dijumpai dalam berbagai terapan. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul paling banyak hanya memiliki dua buah anak, dan mungkin tidak punya anak. Istilah-istilah yang digunakan sama dengan istilah pada pohon secara umum.

2)   Graph
Graph merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linear memungkinkan pendefinisian keterhubungan sekuensial antara entitas data, struktur data tree memungkinkan pendefinisian keterhubungan hirarkis, maka struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data. Banyak entitas-entitas data dalam masalah-masalah nyata secara alamiah memiliki keterhubungan langsung (adjacency) secara tak terbatas demikian.
Contoh: informasi topologi dan jarak antar kota-kota di pulau Jawa. Dalam masalah ini kota X bisa berhubungan langsung dengan hanya satu atau lima kota lainnya. Untuk memeriksa keterhubungan dan jarak tidak langsung antara dua kota dapat diperoleh berdasarkan data keterhubungan-keterhubungan langsung dari kota-kota lainnya yang memperantarainya. Representasi data dengan struktur data linear ataupun hirarkis pada masalah ini masih bisa digunakan namun akan membutuhkan pencarian-pencarian yang kurang efisien. Struktur data graph secara eksplisit menyatakan keterhubungan ini sehingga pencariannya langsung (straightforward) dilakukan pada strukturnya sendiri.




REFERENSI :
Wantoro, Jan dan Sukirman. 2017. ALGORITMA & STRUKTUR DATA DALAM BAHASA C/C++. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Arizal, Anton. 2015. Pengertian Struktur Data dan Jenis-jenisnya. From http://antonarizal.blogspot.co.id/2015/01/pengertian-struktur-data-dan-jenis.html. 11 Januari 2015
Ridahani. S, Lutfiana. 2017. PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS STRUKTUR DATA. From http://lutfianaridahani.blogspot.co.id/2017/02/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html. Februari 2017.
Andilau. 2014. Pengertian dan penjelasan Struktur Data, Stack, Queue, Sorting (Bubble Sort & Selection Sort). From http://bekokmarley.blogspot.co.id/2014/01/pengertian-dan-penjelasan-struktur-data.html. 8  Januari 2014.
Sahabat. 2009. Erika Struktur Data. From https://www.nusinau.com/erika-struktur-data. 4 Juni 2009.

Saddam, Andryan. 2016. Struktur Data Primitif Pada C++. From http://logical-mins.blogspot.co.id/2016/07/struktur-data-cpp.html. 29 Juli 2016

Kamis, 26 Januari 2017

TUGAS PRAKTIK 2

A.    PENGERTIAN SEARCH ENGINE

Image result for search engine adalah

Search engine adalah aplikasi yang disediakan oleh lembaga komersial tertentu yang menyediakan jasa di bidang internet. Saat kita ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah Google. Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Di bawah ini beberapa macam search engine yang sering digunakan oleh pemakai :
1. Google (www.google.com
2. Yahoo! (www.yahoo.com)
3. Alltheweb (www.alltheweb.com)
5. AskJeeves (http://www.ask.com
6. AltaVista (www.altavista.com

B. DAMPAK PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTER TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP

1.      Dampak Komputer Bagi Masyarakat

Di era globalisasi saat ini, komputer tidak termasuk barang-barang mewah. Bahkan komputer memiliki banyak anak-anak diajarkan pada usia dini. Kita dapt menemukan sebuah komputer di banyak tempat seperti di kantor, di rumah, di toko-toko, di sekolah-sekolah, bahkan dengan cara apapun kita dapat melihat orang membawa sebuah komputer atau notebook mini.

Bukan hal yang aneh lagi ketika kita melihat seseorang memiliki rasa ketergantungan pada komputer. Misalnya di bidang kantor perusahaan, hal-hal komputer seperti yang harus ada di kantor atau perusahaan mereka meskipun itu satu komputer saja. Karena komputer mampu mengelola kantor mereka / perusahaan. Di komputer juga biasanya menyimpan file penting mereka, data karyawan, daftar lain dan hubungan.

Bagi sebagian orang, komputer adalah pekerjaan mereka, seorang sekretaris misalnya. Jadi adalah programmer yang mendapatkan uang untuk hidupnya melalui teknologi komputer. Dalam masyarakat umum, komputer sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari. Mengerjakan tugas, bermain game, menonton televisi, memutar musik, film bermain, dan lain-lai. Ini fantastis, bukan? Namun, bagi sebagian orang (bahkan kebanyakan) jika mereka menyadari dampak dari komputer itu sendiri? baik dampak teknologi atau dampak dari mesin komputer itu sendiri. Dimana komputer sebagai jika memiliki kontrol manusia, bukan manusia lagi bahwa kontrol yang komputer. Atas dasar ini, kita akan membahas tentang dampak dari perkembangan komputer untuk kehidupan kita.

 

2.      Dampak Positif Komputer

Pada bagian ini kami akan menjelaskan setiap dampak positif atau dampak dari perkembangan komputer. Baik dari segi teknologi atau komputer itu sendiri. Banyak yang bisa dimanfaatkan dengan komputer, seiring dengan perkembangan komputer telah konstan untuk mafaatnya keidupan, antara lain :

a.       Komputer sebagai Alat Manajemen

Komputer snagat berguna bagi kehidupan. Untuk beberapa komputer dapat digunakan untuk mengatur kehidupan mereka. Contoh untuk kantor, komputer dibutuhkan untuk mengelola tugas-tugas dan data mereka dan mengelola waktu mereka. Untuk toko-toko dan rumah tangga, komputer adalah hal yang mumpuni membantu mereka mengelola pengeluaran dan pendapatan. Sehingga semua bisa termanage dengan baik dan rapi. Hal ini tentu sangat mudah bagi pengguna komputer.

b.      Komputer Sebagai Media Komunikasi

Komputer sangat bermanfaat sebagai media komunikasi. Dengan pengguna komputer dapat mengakses media on-line berita melalui internet dari situs yang tersedia. Pengguna komputer juga dapat menggunakan media melalui internet chatting untuk berkomunikasi dengan satu sama lain baik lisan maupun tulisan secara langsung dengan visual yang tersedia untuk setiap sudut dunia. Para pengguna dapat mengambil keuntungan dari kasus komputer sebagai sarana bertukar e-mail (surat elektronik) ke pengguna lain manapun adalah untuk bertukar informasi. Hal ini menunjukkan dengan jelas manfaat dari komputer sbagai media komunikasi.

c.       Komputer Untuk Informasi Media

Di sini komputer bertindak sebagai media informasi tanah yang didapatkan melalui Internet. Para pengguna dapat melakukan bisnis, perdagangan, promosi, dan berurusan secara adil dengan menggunakan komputer tanpa muka dengan muka. Untuk siswa dan mahasiswa dari komputer sebagai sarana penunjang belajar dan mencari bahan belajar melalui Internet. Begitu juga kepada para guru dan pendidik, komputer memainkan peranan penting untuk meningkatkan kualitas untuk mengetahui kemajuan material yang akan diajarkan dan referensi lainnya.

d.      Komputer sebagai Sarana Fun

Di sisi lain komputer juga berguna sebagai sarana hiburan. Para pengguna dapat menonton TV, memutar musik dan film dan memainkan aplikasi permainan yang tersedia sebagai hiburan. Selain itu, komputer juga merupakan pengguna srana hobi dengan ketersediaan berbagai aplikasi perangkat lunak untuk mendistribusikan. Misalnya mengedit gambar atau film, membuat gambar atau film, menulis cerita atau novel dan lain-lain yang tenyunya juga dapat mengembangkan bakat dari penggunanya.

e.       Komputer Pekerjaan Untuk Media

Hal ini dibuktikan oleh banyak kantor dan perusahaan mencari karyawan yang mahir menggunakan komputer. Seiring perkembangan zaman, semakin membutuhkan seseorang yang mahir dengan teknologi, termasuk teknologi komputer. Begitu juga untuk programmer yabg terus membuat berbagai aplikasi dan perangkat lunak untuk komputer beserta perkembangannya. Jadi jelas, selain sebagai pekerjaan media komputer juga dapat menjadi sumber penghasilan bagi penggunanya.

 

3.      Dampak Negatif Komputer

Pada bagian ini kami akan menjelaskan dampak dampak negatif atau merugikan dari perkembangan komputer. Baik dari segi teknologi atau komputer itu sendiri. Selain memberikan banyak manfaat, harus disadari bahwa komputer juga memberikan beberapa efek buruk untuk mengharapkan bahwa tentu saja kita semua tidak ingin merasakannya, tetapi tindakan ini ditolak karena komputer masih merupakan mesin yang buatan manusia itu sendiri. Beberapa dampak negatif dari pengembangan komputer untuk hidup, antara lain:

a.       Dampak untuk Kesehatan Anda

Miskin tidak selalu positif mempengaruhi kemajuan dunia komputer bagi manusia. Salah satu yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computing dirancang seefesien mungkin dengan mudah di bawa kemana saja. Tetapi efisiensi yang diperoleh dari penggunaan laptop ini tampaknya telah di bayar mahal dengan mengorbankan kenyamanan dan kesehatan pengguna. Beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi antara lain:

1)      Gangguan Spinal

Hal ini terjadi karena sebagai pengguna komputer sering tidak memperhatikan posisi mereka ketika menggunakan mesin. Gangguan ini biasanya terjadi pada pengguna laptop atau notebook yang bisa menggunakan laptop atau notebook dimanapun mereka berada tanpa memikirkan kenyamanan dan karena menggunkannya posisi mereka sekarang.

2)      Kelelahan Pada Mata itu

Ini adalah yang paling mengeluh tentang pengguna komputer. Para pengguna sering kali mnghabiskan di depan komputer tanpa waktu sehingga membuat mata lelah. Dan ini bisa menyebabkan pusing, penglihatan ganda sebagai, silau visi cahaya di malam hari, penglihatan kabur dan masalah penglihatan lainnya.

3)      Sakit kepala

Selain kelelahan mata, sakit kepala juga merupakan keluhan yang paling dari komputer pengguna. Hal ini terjadi karena otak terus bekerja ditambah cahaya dari komputer yang mengakibatkan kelelahan mata terkait dengan saraf. Tanpa disadari kepala akan merugikan. Selain tiga hal di atas masih banyak masalah kesehatan lainnya, termasuk masalah yang dihadapi akibat pengaruh medan gelombang elektromagnetik dari mesin komputer itu sendiri. Keberadaan karena radiasi dalam gelombang dipancarkan oleh kelahiran dapat mengakibatkan ketakutan gaib, gangguan kanker. Namun, sampai sekarang tidak ada yang tahu dengan pasti tentang kebenaran tuduhan tersebut. Namun, di negara-negara maju telah banyak untuk tidak memberikan peringatan tentang bahaya dari anak-anak tertentu masih usia di bawah daya tahan tubuh rentan. Selain itu, pengguna juga harus mempertimbangkan kenyamanan mereka sendiri dan kesehatan dalam penggunaan komputer, karena itu untuk diri kita sendiri. Contoh Kasus: Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, seperti yang tertulis dalam buku Menggunakan Teknologi Informasi. Karena kebiasaan sehari-hari yang menggunakan laptop mana pun mereka berada, ia kemudian mengalami gangguan tulang belakang. Setelah pemeriksaan, dokter menemukan bahwa punggungnya seperti 50 tahun. Ini adalah salah satu hasil dari nilai ergonomis menyerah item, pada laptop ini.

b.      Dampak Bagi Lingkungan

Selain kesehatan, komputer juga terkadang memberikan dampak buruk terhadap lingkungan. Hal ini dimaksudkan di sini adalah, karena tidak disadari oleh para pengguna, sehingga sering terjadi Limbah Energi Listrik. Selain menggunakan yang tanpa memikirkan waktu, yang sering terjadi adalah menyalakan komputer dalam posisi aktif tanpa digunakan oleh pengguna. Hal ini tentu saja mengaikbatkan limbah energi listrik. Dengan demikian, pengguna harus lebih memperhatikan penggunaan komputer agar tidak membuang-buang energi. Kita harus lebih hemat, semakin banyak yang kita hemat semakin kayalah.

c.       Untuk Etika dan Dampak Intercourse di Masyarakat

Ini adalah dampak yang paling umum pada hidup kita, apakah terlihat atau tak terlihat. Keberadaan komputer tidak hanya lebih bentuk manusia maju tapi juga menggunakan teknologi komputer dengan cara yang salah, antara lain:

1)      Pornografi dan Tampilan Brutality dan sadisme

Ini adalah masalah terbesar bagi orangtua. Karena teknologi itu sudah banyak anak SD tahu apa itu pornografi. Dalam usia remaja adalah banyak pihak yang paling dinanti selain obat-obatan. Komputer melalui teknologi internet sering menampilkan dan membuat hal-hal yang identik dengan pornografi. Di internet terdapat gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan bagi seseorang untuk bertindak yang sama. Asumsi yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, maka tidak salah. Dengan kemampuan untuk menyampaikan informasi yang dimiliki internet, pornografi merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang bisa di akses. Selain menampilkan pornografi, dari komputer melalui pemilik koneksi internet banyak situs yang menampilkan kekejaman dan sadisme, dikhawatirkan dapat menjadi contoh bagi pengguna untuk melakukannya. Solusinya, jadi kami tidak melakukannya, jangan mudah termotivasi oleh masalah dalam kontrol yang lebih besar diri kita sendiri.

2)      Penipuan dan Perjudian

Ini banyak terjadi di mana-mana. Komputer melalui internet tidak bebas dari ini. Melalui situs web mereka, para penipu bisa mendapatkan mangsanya mudah, misalnya seseorang mengetahui kode transaksi. Selain itu, perjudian terlalu banyak terjadi on-line, hanya untuk memanfaatkan komputer perjudia seseorang untuk melakukan dimanapun dia berada. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah tidak melayani situs tersebuk atau tidak jaringan peduli.

3)      Ketergantungan Komputer

Kecanduan komputer juga dapat membuat kecenderungan pada semua orang yang menggunakan komputer. Perasaan ini adalah untuk mendorong orang untuk terus menggunakan komputer seperti orang yang menderita kecanduan narkoba. Komputer dan fitur yang ada untuk membentuk komputer secara tidak sengaja menjadi sama seperti obat yang harus diambil dan jika tidak diambil sendiri akan menyebabkan rasa sakit yang dialami oleh pengguna. Apakah itu melalui sebuah situs layanan yang menawarkan uang, pornografi, atau permainan. Cara menghindarinya, cukup dengan mengendalikan diri untuk menghabiskan waktu bersama efesin dan menggunakan komputer sesuai dengan manfaat. Dan garis terakhir dengan perkembangan komputer, dampak negatif lainnya adalah perkembangan virus yang terus menyerang komponen sistem komputer.

Jadi, ini terus menjadi perhatian dari produsen sistem komputer. Namun di sisi lain dampak positif untuk virus, karena pembagian tanah sebagai hobi dan bakat juga menghasilkan uang dengan membuat anti-virus itu sendiri. Dengan demikian kita dapat menggambarkan tentang efek komputer untuk kehidupan kita, baik positif maupun negatif, itu semua kembali ke bagamaimana cara pengguna menggunakan mesin ini ajaib.



Sumber :



Template by:

Free Blog Templates